Kenalan Yuk

Home / Artikel / Kenalan Yuk
Kenalan Yuk

Kenalan Yuk

Rabu, 10 Januari 2018 WELCOME HOME

Beras hitam?


Mungkin memang masih terdengar asing untuk sebagian orang karena penggunannya yang belum sepopuler beras putih atau beras merah. Akan tetapi menurut kepercayaan jaman kuno, beras hitam memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit serta berfungsi sebagai obat dan bahan pangan. Pada masa-masa kerajaan dahulu, beras hitam adalah makanan yang hanya dikonsumsi kalangan raja, sultan, para bangsawan, ataupun sebagai upeti persembahan antar kerajaan.

Dan benar saja, berkat bukti-bukti medis dari klaim profil gizi dan kemampuan penyembuhannya, beras hitam kini dinobatkan menjadi salah satu biji gandum yang paling sehat di dunia.

 

Beras hitam adalah kumpulan berbagai jenis beras dari spesies Oryza sativa L., bulir beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan. Warna hitamnya sendiri disebabkan karena proses penggilingan yang hanya dilakukan sekali, belum mengalami proses penggilingan atau pengelupasan kulit sepenuhnya, juga  karena kulit ari dan endospremnya yang mampu memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam. Nah lho antosianin itu apa ya?

 

Antosianin merupakan salah satu zat warna (pigmen) alami yang terdapat pada tanaman, buah, alga maupun bakteri dengan salah satu fungsinya sebagai antioksidan dalam tubuh yang mana sangat bermanfaat dalam memperbaiki dan menjaga sel tubuh akibat radikal bebas. Penelitian menunjukkan bahwa semakin gelap warna beras, maka kandungan pigmen antosianin antioksidannya juga semakin banyak. Berarti? manfaatnya untuk tubuh juga semakin banyak pula.

 

Menurut laporan Daily mail UK menuliskan bahwa beras hitam adalah beras yang dikenal sebagai “Super Food” New Cancer Fighting oleh para ahli dan peneliti kesehatan dunia karena kandungan antosianin yang sangat tinggi yang dibawa dari kandungan warna hitam pada lapisan luar beras, fungsinya adalah meghambat dan memerangi pertumbuhan sel kanker secara alami. Beras hitam mengandung antioksidan kuat melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel akibat paparan sinar UV.

 

Tetapi perlu diingat bahwa meski beras hitam mempunyai warna yang sama dengan ketan hitam, keduanya sangatlah berbeda. Dibandingkan ketan hitam, beras hitam memiliki tekstur yang lebih mirip dengan beras putih biasa. Jika dipotong secara melintang, beras hitam akan terlihat jernih sedangkan ketan hitam terlihat putih susu dan saat dimasak akan lengket dibandingkan beras hitam yang sedikit pera (tidak pulen) dibandingkan beras putih biasa. Beras hitam saat mentah terlihat berwarna hitam pekat tapi saat dimasak warnanya berubah menjadi ungu tua, yang membuatnya tampak menarik untuk disantap, rasanya agak sedikit manis, memliki banyak khasiat yang tidak dimiliki beras-beras lainnya seperti kandungan zat kalium dan magnesium dalam beras hitam ysng bermanfaat bagi pengontrolan tekanan darah dan mengurangi resiko terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung. Bermanfaat pula untuk meningkatkan ketahanan tubuh, meperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah tumor/kanker, meperlambat penuaan,  dll. Wiih, luar biasa bukan?

 

Meskipun penggunaan beras ini masih sangat jarang jika dibandingkan dengan beras putih maupun beras merah, namun beras hitam sudah mulai banyak diperjual belikan di toko-toko maupun supermarket. Bahkan penggunaan beras hitam kini telah populer di negara-negara barat. Sebagian masyarakat mulai sadar gizi dan menjadikan beras hitam sebagai bahan olahan untuk konsumsi keseharian mereka sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan. Ditunjang dengan fakta bahwa beras hitam mempunyai indeks glikemik yang rendah. Artinya, beras hitam ini tidak potensial untuk memicu kenaikan gula darah, sangat direkomendasikan bagi para penderita diabetes.

 

Beras hitam khasiatnya memang super, kaya dengan kandungan nutrisi yang membantu tubuh untuk dapat memelihara kesehatannya, dan diolah dengan cara pertanian organik, seperti halnya beras hitam SAM. Beras hitam SAM ini merupakan beras hitam organik asli sebagai menu pilihan yang sehat karena dibudidayakan secara organik dan tidak terpapar oleh bahan kimia dari pestisida, pupuk maupun bahan aditif pada saat proses produksi dengan pengendalian hama penyakit menggunakan musuh alami hama tanpa memakai pestisida.

 

Pada prinsipnya, beras hitam SAM merupakan hasil pertanian ramah lingkungan dimana padi yang ditanam tumbuh alami tanpa rekayasa kimia, mengingat pada saat ini hampir pada berbagai sektor termasuk sektor pertanian penggunaan bahan kimia berbahaya telah digunakan mulai dari persiapan lahan, benih, penanaman, pemupukan, perlindungan, pengairan, pemanenan, pascapanen, pengolahan, distribusi, penyajian hingga pangan siap dikonsumsi. Dalam pengolahannya dengan cara organik, beras hitam SAM berupaya menjaga dan meningkatkan kesuburan tanah dengan mengoptimalkan aktivitas

biologi tanah untuk menyediakan nutrisi yang seimbang bagi kehidupan tanaman. Karena pada dasarnya produk beras hitam SAM ini ingin mendukung terhadap pemulihan kesehatan tanah dan kesehatan pengguna produknya dengan pertanian yang ramah lingkungan. Maka dari itu bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan sekaligus terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti kanker, diabetes, gangguan pencernaan dan sebagainya, beras hitam organik SAM menjadi pilihan tepat.

Selamat menjalani pola hidup sehat :-)

Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Profil

RESERVASI

Telepon

082123422592

Whatsapp

082-1234-22-592

Email

yuandirayofa@yahoo.com

Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat