Eco - Farming

Home / Artikel / Eco - Farming
Eco Farming

Eco - Farming

Senin, 01 Januari 2018 WELCOME HOME

    Eco-farming juga disebut sebagai Organic farming atau metode pertanian yang meminimalisir penggunaan kimia dalam proses produksinya. Hal ini bertujuan untuk memproduksi hasil tani dengan nilai nutrisi tinggi dan mengimprovisasi fertilitas jangka panjang serta tanah pertanian yang berkelanjutan.

    Praktik eco-farming tidak selalu menyalahkan pertanian konvensional secara keseluruhan, melainkan bagaimana menghubungkan dari konsep pertanian konvensional menjadi sesuatu yang baik bagi alam mengacu pada konsep “kembali ke alam”.
    Eco-farming memiliki keuntungan baik dari segi ekologis maupun ekonomi karena sistem ini memang mengintegrasikan keduanya. Keuntungan ekologis jelas didapat diantaranya konservasi air, siklus daur ulang hara pada tanah, biodiversitas yang tinggi, dan tentu saja fertilitas ekosistem sehingga didapat pertanian berkelanjutan.
            Kami di desa Cijeungjing, Ciamis sudah mulai menerapkan cara bertani seperti ini. Kami tidak menggunakan pupuk kimia, melainkan kami menggunakan pupuk organik yang kami dapat dari toko organik terpercaya  bahkan kami mencoba membuat sendiri pupuk dari sisa sisa bahan organik dan kotoran dari hewan ternak yang berada di kebun untuk membuat pupuk kompos.

Dengan cara bertani seperti ini sebenarnya kita sudah mendapat banyak keuntungan sekaligus. Kita dapat mengurangi jumlah pengeluaran para petani kecil, sekaligus mengurangi jumlah pencemaran lingkungan yang kian lama kian memburuk yang pada akhirnya efeknya akan dirasakan oleh kita sendiri.

Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Profil

RESERVASI

Telepon

082123422592

Whatsapp

082-1234-22-592

Email

yuandirayofa@yahoo.com

Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat